(SEA Games) Kakak Beradik Kido – Bona Berebut Emas Ganda Putra

 

(Jakarta, 19/11/2011) Partai final bulutangkis perorangan ganda putra SEA Games XXVI 2011 mempertemukan kakak beradik Markis Kido dan Bona Septano. Meskipun emas sudah dipastikan menjadi milik Indonesia, namun keduanya tetap bertekad kuat merebut gelar juara.

 

Markis Kido yang berpasangan dengan Hendra Setiawan yang sudah tiga kali mendulang emas di ajang SEA Games 2005, 2007 dan 2009 masih memburu gelar pertamanya di 2011, sementara Bona bersama Mohammad Ahsan mengincar gelar juara SEA Games pertamanya.

 

Kido/Hendra maju ke babak final setelah mengalahkan pasangan Malaysia Goh Shem V/Lim Khim Wah 21-13, 17-21, 21-19. Sementata Ahsan/Bona mengalahkan ganda Thailand Patiphat Chalardchalaem/Nipitphon Phuanghuapet 21-12, 21-16 di babak semifinal.

 

Babak final ini merupakan kali ketiga bagi Kido – Bona bertemu di lapangan. Skor pertemuan sementara 1-1 untuk kedua pasangan. Kido/Hendra pernah mengalahkan Ahsan/Bona di China Masters Superseries 2008 dalam dua gim langsung 21-17, 21-18. Ahsan/Bona membalas kekalahan mereka di Japan Open Superseries 2011 lalu dengan skor 15-21, 21-16, 21-18.

 

“Walaupun melawan abang sendiri, namun saya akan tetap fight untuk mendapat emas. Mereka memiliki skill individu yang sangat bagus. Waktu di Jepang kami bisa menang karena unggul di stamina karena bermain rubber game. Peluangnya tetap 50:50 ” kata Bona mengomentari laga perang saudara ini di final.

 

Pada pertandingan beregu lalu, Christian Hadinata , Koordinator Pelatih Ganda PBSI sempat mengatakan bahwa Ahsan/Bona harus memperbaiki defense dan mampu menetralisir serangan lawan. Jika ingin memenangkan laga perang saudara di final nanti, mereka memang harus merapatkan pertahanan mengingat lawan mereka yang merupakan pasangan peraih emas Olimpiade Beijing 2008 ini sangat mengandalkan smash keras Kido dan sambaran cepat Hendra di depan net.

 

Sementara itu Hendra yang ditemui setelah pertandingan di semifinal mengatakan akan bahwa meskipun medali emas sudah diamankan kontingen merah putih namun ia bersama Kido tetap akan berusaha yang terbaik dan merebut gelar keempat di SEA Games kali ini.

 

“Kami akan merapatkan pertahanan dan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan sendiri. Pokoknya harus mengembangkan permainan terlebih dahulu. Ahsan/Bona lebih unggul di power, sementara kami unggul di pengalaman dan serangan” kata Hendra.