(SEA Games) Firda Gagal Sumbang Emas

 

(Jakarta 19/11/2011) Di nomor tunggal putri, Adriyanti Firdasari gagal menyumbang medali emas setelah dikalahkan oleh pebulutangkis asal Singapura, Fu Mingtian di babak final bulutangkis perorangan SEA Games XXVI 2011 di Istora Senayan Jakarta.

 

Firda menyerah setelah berjuang dalam tiga gim, dengan skor 21-14, 12-21, 20-22 . Firda sebetulnya sempat memimpin permainan dengan memenangkan gim pertama, namun Fu mampu menahan laju Firda yang merupakan juara SEA Games 2005 di Filipina dengan merebut gim kedua.

 

Gim ketiga berlangsung seru dimana terjadi kejar-kejaran angka hingga 16-16. Firda tercatat beberapa kali melakukan kesalahan sendiri dengan gagal menyeberangkan bola di net. Peluang memenangkan gim ketiga kembali terbuka saat ia berhasil match point terlebih dulu pada posisi 20-19, namun lagi-lagi Fu mampu mengejar, satu pukulan lob yang gagal dikembalikan Firda memastikan kemenangan Fu.

 

Fu bermain cukup baik, ia mampu melakukan cover lapangan dengan baik, sementara Firda beberapa kali harus jatuh bangun mengambil bola drop shot yang diberikan Fu. Diatas kertas Fu Mingtian lebih diunggulkan, ia merupakan unggulan keempat yang secara mengejutkan mampu mengalahkan Inthanon Ratchanok di babak semifinal.

 

Indonesia masih memburu dua medali emas lagi dari nomor ganda campuran dan tunggal putra yang akan dimainkan pada partai keempat dan kelima. Di nomor ganda campuran, pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan menantang unggulan kedua dari Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoughthongkam. Sementara Simon Santoso akan memperebutkan emas tunggal putra dengan Tanongsak Saensomboonsuk, juga dari Thailand.