(SEA Games) Dua Unggulan Pertama Kandas di Tangan Pemain Indonesia

 

(Jakarta, 18/11/2011) Beberapa kejutan mewarnai babak semifinal bulutangkis perorangan SEA Games XXVI 2011 pada hari ini. Dua unggulan pertama dari Thailand harus kandas di semifinal setelah dikalahkan pemain Indonesia.

 

Mereka adalah Adriyanti Firdasari yang mengalahkan Porntip Buranaprasertsuk dan pasangan ganda putri Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari yang memetik kemenangan atas Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul.

 

Firda mengaku tampil tanpa beban karena Porntip diunggulkan di tempat pertama dan memang memiliki peringkat yang jauh diatasnya. Namun dengan dukungan penuh publik Istora, Firda berhasil menundukkan tunggal putri Thailand ini dengan skor 21-15, 14-21, 21-15.

 

“Saya lebih banyak menunggu serangannya, namun pada gim kedua dia sempat mengubah strategi permainannya menjadi rally. Pada gim ketiga saya bisa menang karena menerapkan banyak variasi defense dan serangan balik” kata Firda mengomentari pertandingannya.

 

Pada babak final besok, Firda akan berhadapan dengan tunggal Singapura, Fu Mingtian. Secara mengejutkan Fu berhasil menundukkan unggulan kedua asal Thailand, Inthanon Ratchanok setelah bermain tiga gim dengan skor tipis 21-17, 19-21, 22-20.

 

“Saya belum pernah bertemu dengan Fu, besok saya akan persiapkan pertahanan untuk menahan serangan-serangannya” tambah Firda.

 

Sementara itu pasangan ganda putri Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari yang hari ini bermain gemilang memupuskan harapan Thailand untuk menempatkan wakilnya di final ganda putri. Anneke/Nitya mengalahkan Duanganong/Kunchala yang merupakan unggulan pertama dalam dua gim langsung 21-13, 21-10.

 

“Di awal kami banyak melakukan kesalahan sendiri, untungnya bisa kembali fokus. Kami senang akhirnya bisa ke babak final, semoga besok bisa menang lagi” kata Nitya usai pertandingannya.

 

“Ini adalah SEA Games pertama saya, untuk itu saya ingin membuktikan kepada semua kalau saya juga mampu” kata Anneke menambahkan.

 

Nomor ganda putri dipastikan mengantongi medali emas setelah pasangan Vita Marissa/Nadya Melati juga melangkah ke babak final dengan mengalahkan pasangan Shinta Mulia Sari/Yao Lei dari Singapura 21-18, 21-17.

 

Berikut hasil pertandingan babak semifinal:

 

Tunggal Putra

Simon Santoso vs Zi Liang Derek Wong (SIN) 21-17, 21-12

Taufik Hidayat vs Tanongsak Saensomboonsuk (THA) 14-21, 19-21

 

Tunggal Putri

Adriyanti Firdasari vs Porntip Buranaprasertsuk (THA) 21-15, 14-21, 21-15

 

Ganda Putra

Mohammad Ahsan/Bona Septano vs Patiphat Chalardchalaem/Nipitphon Phuanghuapet (THA) 21-12, 21-16

Markis Kido/Hendra Setiawan vs V Shem Goh/Khim Wah Lim (MAS) 21-13, 17-21, 21-19