(SEA Games) Menang Straight Game, Semua ke Semifinal

(Jakarta, 17/11/2011) Semua wakil Indonesia menyelesaikan tugasnya dengan baik pada babak perempatfinal bulutangkis perorangan SEA Games XXVI 2011 dengan memenangkan semua pertandingan straight game dan melaju ke babak empat besar. Pada babak semifinal besok, Indonesia menempatkan masing-masing dua wakilnya di semua nomor kecuali tunggal putri.

Di nomor tunggal putra, Simon Santoso berhasil melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Suppanyu Avihingsanon dalam dua gim langsung 21-13, 21-12. Taufik Hidayat menyusul Simon ke semifinal setelah berhasil menundukkan Daren Liew.

Tak seperti kedua pertemuan sebelumnya, partai Taufik – Daren tidak berlangsung sengit seperti yang diperkirakan. Meskipun demikian Daren sempat nyaris merebut gim pertama pada posisi 20-16, beberapa kali gim poin ternyata tak membuat Daren mampu menyelesaikan gim pertama, Taufik pun berhasil menyusul dan justru memenangkan pertandingan 22-20.

“Di awal gim pertama saya banyak melakukan kesalahan sendiri, namun bersyukur bisa menang. Namun saya merasa belum bermain bagus hari ini, belum pada top performance, selain itu Daren juga banyak melakukan kesalahan terutama gim kedua, terlihat sekali ia menurun” kata Taufik usai pertandingannya.

Daren yang tampak kecewa dengan hasil di gim pertama, tak dapat berbuat banyak pada gim kedua. Taufik pun semakin percaya diri, ia berlari jauh meninggalkan Daren di gim kedua hingga 11-7. Daren yang semakin frustasi karena banyak melakukan kesalahan sendiri akhirnya menyerah pada kedudukan 12-21.

Pasangan ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan juga melaju ke semifinal setelah berhasil membalas kekalahannya di nomor beregu atas pasangan Thailand, Bodin Isara/Maneepong Jongjit. Kido/Hendra menang dua gim langsung 21-17, 21-16.

Tak seperti pertemuan sebelumnya di nomor beregu, Kido/Hendra bermain sangat baik. Rotasi keduanya berjalan dengan baik, cegatan cepat Hendra di depan net seringkali menyulitkan pasangan Thailand. Kido/Hendra juga bermain lebih rapi dan jarang melakukan kesalahan sendiri.

Berikut hasil pertandingan tim Indonesia pada babak perempatfinal :

Tunggal Putra
Simon Santoso vs Suppanyu Avihingsanon (THA) 21-13, 21-12
Taufik Hidayat vs Daren Liew (MAS) 22-20, 21-12

Tunggal Putri
Adriyanti Firdasari vs Gu Juan (SIN) 24-22, 21-16

Ganda Putra
Mohammad Ahsan/Bona Septano vs Mak Hee Chun/Ong Soon Hock (MAS) 21-14, 21-13
Markis Kido/Hendra Setiawan vs Bodin Isara/Maneepong Jongjit (THA) 21-17, 21-16

Ganda Putri
Vita Marissa/Nadya Melati vs Gelita Castilo/Dia Nicole Magno (PHI) 21-16, 21-15
Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari vs Vivian Hoo/Woon Khe Wei (MAS) 24-22, 21-15

Ganda Campuran
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Chayut Triyachart/Yao Lei (SIN) 21-9, 21-18
Muhammad Rijal/Debby Susanto vs Ronel Estanislao/Malvinne Ann Venice (PHI) 21-9, 21-13