(SEA Games) Tim Putra : Terima Kasih Supporter!

 

(Jakarta, 16/11/2011) Dukungan penonton di Istora yang luar biasa ternyata menjadi salah satu senjata tim Indonesia saat melawan tim Malaysia di babak final bulutangkis beregu putra SEA Games XXVI 2011. Hal ini diungkapkan sejumlah pemain usai upacara pemberian medali yang diserahkan langsung oleh Menpora Andi Mallarangeng.

 

Simon Santoso mengakui bahwa sorak sorai penonton yang terus menyemangatinya saat tertinggal dari tunggal pertama Malaysia, Daren Liew 18-20 menjadi pemicu semangatnya untuk mengejar ketertinggalannya, dan justru akhirnya ialah yang memenangkan duel tersebut.

 

“Meski saya sempat ketinggalan 18-20, namun dukungan penonton membuat saya makin bersemangat dan akhirnya bisa menang” ungkap Simon yang membuka kemenangan tim Indonesia.

 

Pasangan penentu kemenangan tim Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan juga memberikan apresiasinya kepada penonton Istora yang tak henti-hentinya menyemangati tim merah putih. “Saya senang sekali melihat dukungan supporter yang terus mendukung, kami sangat berterima kasih kepada penonton” ungkap Hendra.

 

Selain itu, Christian Hadinata, mantan juara ganda putra yang kini menjabat sebagai Koordinator Pelatih Ganda PBSI juga turut berkomentar mengenai publik Istora yang dengan setia terus mendukung tim kesayangannya.

 

“Malam ini kita mendapat support dari penonton yang sangat luar biasa,” kata Christian.

 

Penonton Istora memang menujukkan dukungan yang tak henti-hentinya. Meskipun kubu Indonesia sempat was-was saat kekalahan Ahsan/Bona membuat keadaan menjadi imbang 1-1, namun penonton terus memberi semangat dengan meneriakkan “In-do-ne-sia” lengkap dengan tepukkan tangan khas supporter Indonesia. Beberapa kali mereka juga meneriakkan nama pemain yang sedang bermain di lapangan.

 

Selain itu penonton Istora juga mengibarkan bendera merah putih dengan ukuran sangat besar yang hampir menutupi sebagian tribun sambil menyanyikan beberapa lagu seperti Indonesia Raya, Tanah Air Beta, Garuda di Dadaku, dan lainnya. Hal ini menarik perhatian beberapa wartawan asing yang sedang meliput pertandingan. Sejumlah atlet asing pun terlihat menimati suasana ini, tim Singapura dan Thailand yang juga berada di Istora malam itu terlihat mengagumi supporter Indonesia yang setia mendukung tim nya.

 

Dukungan publik Istora kepada tim bulutangkis kesayangannya memang sudah menjadi ciri khas penyelenggaraan pertandingan bulutangkis di Indonesia, hal ini juga terlihat saat kejuaraan Indonesia Open Superseries Premier 2011 pada Juni lalu dimana animo dan dukungan penonton juga terlihat luar biasa.