(World Junior Championships) Yulia Berpeluang Bertemu Unggulan Kedua

(Taoyuan City, 3/11/2011) Lolos dari pemain Jepang, Ayako Sakuramoto, pemain tunggal putri Yulia Yosephine Susanto berhasil melaju ke babak keempat Kejuaraan Dunia Junior 2011. Yulia menundukkan Sakuramoto setelah berjuang dalam tiga gim 16-21, 21-18, 21-14.

 

“Saya sempat salah mengatur permainan, sudah menyerang tapi akhirnya selalu mati sendiri. Pada gim kedua sempat ketinggalan, sebetulnya hampir menyerah juga, tetapi saya jalani saja dulu. Sesudahnya saya bisa bermain lepas” kata Yulia mengomentari pertandingannya.

 

Meski tertinggal di gim pertama, Yulia yang sempat hampir menyerah di gim kedua, akhirnya mampu membalikkan keadaan dan memenangkan pertandingan. Ia mengaku tampil percaya diri, namun Sakuramoto berhasil menahan laju serangan yang dilancarkannya, akhirnya justru ialah yang banyak melakukan kesalahan sendiri.

 

Bermain lepas adalah kunci kemenangannya pada gim kedua, tanpa banyak memikirkan kekalahannya di gim pertama, Yulia mencoba meladeni permainan Sakuramoto. Dengan banyak menarik bola ke belakang, akhirnya ia mampu menahan laju tunggal Jepang tersebut.

 

Di babak keempat, Yulia kemungkinan bertemu unggulan kedua asal Spanyol, Carolina Marin. Pemain muda ini sempat membuat kejutan pada turnamen Kejuaraan Dunia 2011 di London. Saat itu ia berhasil menundukkan pemain asal Jepang, Eriko Hirose, dan Yao Jie dari Belanda. Siang ini Marin akan terlebih dulu akan berhadapan dengan pemain tuan rumah, Yu Chien Hui.

 

Sementara itu, di sektor putra, Riyanto Subagja maju ke babak keempat setelah mengalahkan unggulan 5/8 asal Turki, Emre Lale dalam dua gim langsung 21-19, 21-7. Di babak keempat, Riyanto sudah ditunggu oleh pemain asal Thailand, Khosit Phetpradab.

 

Pada nomor ganda, Indonesia meloloskan dua wakilnya di nomor ganda campuran lewat pasangan Hafiz Faizal/Shela Devi Aulia dan Ronald Alexander/Tiara Rosalia Nuraidah. Hafiz/Shela yang merupakan unggulan 9/16 ini menundukkan ganda Singapura, Muhd Asraf B Ishak/Tan Wei Han , 21-14, 21-11.

 

Ronald/Tiara akhirnya mengalahkan pasangan tuan rumah Taiwan, Wang Chi-Lin/Chen Szu Yu setelah menyelesaikan permainan tiga gim yang sangat menegangkan, 21-8, 15-21, 22-20.

 

Khusus media, wawancara lengkap dengan Yulia Yosephine Susanto dapat diakses di halaman Layanan Media.