(World Junior Championships) Indonesia Bersiap Hadapi Jepang

 

(Taoyuan City, 29/10/2011) Setelah dikalahkan Thailand dan gagal melangkah ke babak semifinal Kejuaraan Dunia Junior 2011, Indonesia akan bertanding melawan Jepang pada perebutan tempat ke 5-8. Pertandingan akan dilangsungkan esok, 30 Oktober 2011, pukul 09.00 waktu Taipei.

 

Sama seperti menghadapi Thailand, pertandingan kedua negara juga diramalkan akan berlangsung sengit karena kekuatan kedua negara ini seimbang. Jika berhasil lolos dari tim negeri Sakura, pada malam harinya Indonesia akan bertemu dengan pemenang antara India dan Belanda.

 

Pertemuan antara Indonesia dan Jepang merupakan partai ulangan perempatfinal kejuaraan beregu Asia Junior 2011 lalu, dimana kala itu tim Indonesia berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 3-2.

 

Jika melihat hasil pada Kejuaraan Asia Junior lalu, ketiga poin yang diraih Indonesia berasal dari nomor ganda. Sedangkan dua nomor tunggal berhasil direbut Jepang lewat Nozomi Okuhara di tunggal putri dan Kento Momota di tunggal putra.

 

Okuhara merupakan pemain tunggal putri masa depan Jepang yang sudah malang melintang di beberapa turnamen senior. Pemain yang memiliki peringkat 63 dunia ini merupakan semifinalis Canada Open 2011. Okuhara juga pernah mengalahkan tunggal putri senior Indonesia, Maria Febe Kusumastuti 21-16, 21-11 pada turnamen Indonesia Open GP Gold 2011 di Samarinda.

 

Di nomor ganda, Jepang juga tak dapat dipandang sebelah mata. Pasangan ganda putra Akira Koga/Taichi Saito berhasil mencuri poin dari tim Korea pada babak play-off siang tadi, setelah mengalahkan pasangan Jun Bong Chan/Park Se Woong 21-15, 21-14.

 

Jika ingin unggul dari tim Jepang, Indonesia harus mengamankan sektor ganda seperti yang dilakukan di Kejuaraan Asia Junior. Akan lebih baik jika nomor tunggal putra bisa mencuri poin seperti yang terjadi pada pertandingan melawan Thailand hari ini, dimana Wisnu Yuli Prasetyo berhasil memperpanjang nafas tim Indonesia dengan mengalahkan Khosit Phetpradab dengan skor 21-14, 19-21, 21-10.