(Denmark Superseries Premier) Dua Raksasa Cina Tantang Indonesia

 

(Jakarta, 21/10/2011) Pada babak perempatfinal Denmark Open Superseries Premier 2011 malam ini, Indonesia akan menghadapi tantangan berat dari Cina di nomor ganda putri dan ganda campuran.

 

Pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto sudah ditunggu oleh pasangan ganda campuran terbaik dunia, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Pasangan Cina ini tercatat sudah tiga kali mengalahkan Rjal/Debby.

 

Ketiga pertemuan yang terjadi di tahun 2011 tersebut diantaranya adalah Malaysia Open Superseries, Korea Open Superseries Premier, dan terakhir di Singapore Open Superseries. Pada tiga pertemuan ini, Rijal/Debby harus menyerah dua gim langsung.

 

Senada dengan Rijal/Debby, pasangan ganda putri Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari juga harus bersiap menghadapi ganda putri terbaik Cina yang kini menduduki peringkat nomor satu dunia, Wang Xiaoli/Yu Yang.

 

Meski belum pernah bertemu, diatas kertas pasangan Cina memang jauh lebih diunggulkan. Anneke/Nitya kini berada 20 peringkat dibawah Wang/Yu.

 

Di nomor ganda putra, pasangan peraih emas Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido/Hendra Setiawan juga sudah ditunggu unggulan keempat asal Korea, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong. Kedua pasangan tercatat sudah tiga kali bertemu, dimana dua pertandingan terakhir dimenangkan oleh Ko/Yoo.

 

Meskipun demikian, peluang untuk menang tetap ada. Kesiapan dan kondisi pemain lah yang lebih menentukan di lapangan. Terbukti beberapa unggulan telah tumbang di babak awal turnamen berhadiah US$400,000,- ini.

 

Pemain Cina yang disebut-sebut sebagai tunggal putra terbaik sepanjang sejarah, Lin Dan, juga harus tersingkir di babak kedua setelah dikalahkan pemain non unggulan asal Hongkong, Wong Wing Ki dalam permainan tiga gim 21-10, 17-21, 21-19.