(Taipei Open Grand Prix Gold 2011) Tommy Juara, Indonesia Raih Satu Gelar

 

(Taipei, 11/9/2011) Indonesia akhirnya berhasil membawa pulang satu gelar dari nomor tunggal putra setelah Tommy Sugiarto berhasil mengalahkan pemain asal Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk dalam pertarungan sengit tiga gim 21-15, 15-21, 21-17.

 

“Saya senang menjadi juara, apalagi saya bisa mengalahkan pemain-pemain berkelas. Menang di turnamen ini membuat saya semakin percaya diri karena grafik penampilan saya pun meningkat,” kata Tommy usai pertandingan.

 

“Saya awalnya sempat ketinggalan karena kaget dengan permainan lawan, namun setelah berhasil beradaptasi, saya bisa mengatasinya. Tanongsak mengandalkan drive-drive keras, saya harus berhati-hati dengan hal ini, apalagi angin di lapangan hari ini cukup kencang,” ujar Tommy mengomentari pertandingannya.

 

Menang di gim pertama, Tommy kemudian tampaknya sedikit kewalahan di gim kedua. Sementara Tanongsak yang terus bermain menyerang, berhasil memperpanjang permainan setelah berhasil merebut gim kedua.

 

“Pada gim kedua, Tanongsak memancing agar saya mengangkat bola agar membuka peluang untuk dia menyerang. Saya pun tidak bisa mengantisipasi serangannya dia dan terbawa ke irama permainannya,” tambahnya.

 

“Di gim penentuan, saya berusaha berjuang dan pantang menyerah dan mencoba kembali ke ritme permainan saya. Saya termotivasi agar bendera Indonesia tetap berkibar, mengingat sebelumnya dua wakil Indonesia belum berhasil di final,” ujar Tommy yang mendapat pujian dari sejumlah media lokal Taipei atas penampilannya malam ini.

 

Dengan demikian Tommy kembali menambah koleksi gelar juara, ini adalah gelar ketiga di tahun ini setelah sebelumnya ia berhasil menjadi juara di Iran dan Indonesia International Challenge 2011.

 

Indonesia sebetulnya berpeluang meraih tiga gelar pada turnamen kali ini, namun sayang pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dikalahkan oleh pasangan Korea, Ko Sung Hyun/Eom Hye Won. Di nomor ganda putri, pasangan Greysia Polii/Meiliana Jauhari retired pada gim ketiga karena Greysia mengalami cedera lengan kanan setelah terjatuh di gim sebelumnya. Akhirnya lawan mereka, Ha Jung Eun/Kim Min Jung asal Korea, berhak atas gelar juara.