(Taipei Open Grand Prix Gold 2011) Greysia Cedera, Ganda Putri Batal Sumbang Gelar

 

(Taipei, 11/9/2011) Pasangan ganda putri Greysia Polii/Meiliana Jauhari harus menyerah pada kedudukan 0-2 di gim ketiga final ganda putri Taipei Open Grand Prix Gold 2011, setelah Greysia mengalami cedera pada bahu kanannya. Dengan demikian pasangan Korea, Ha Jung Eun/Kim Min Jung keluar sebagai juara dengan skor 17-21, 21-18, 2-0.

 

Greysia terjatuh saat berusaha mengambil bola pada kedudukan 15-12. Saat itu ia refleks menahan badan dengan tangan kanannya dan berusaha langsung berdiri. Saat inilah diduga ligamen tangan kanan Greysia mengalami cedera.

 

“Sebetulnya saya tidak boleh menahan badan dengan tangan, namun saya refleks ingin mengambil bola, jadi tidak bisa dihindari. Saat jatuh saya hanya mendengar bunyi dari tangan saya, entah itu tulang atau otot, saya tidak tahu,” ungkap Greysia usai pertandingannya.

 

Sang pelatih, Paulus Firman juga mengatakan bahwa Greysia sudah mencoba untuk bangkit dan menahan rasa sakitnya, namun akhirnya diputuskan untuk mengakhiri pertandingan untuk menghindari cedera yang lebih parah. “Tadi sudah coba disemprot penahan rasa sakit, namun hanya bertahan sebentar dan sesudahnya saya tidak bisa menahan sakitnya,” kata Greysia yang sesudahnya dilarikan ke rumah sakit.

 

Sebetulnya pada gim pertama Greysia/Meli bermain dengan baik, mereka terus melancarkan serangan ke arah pertahanan Ha/Kim. Pasangan Indonesia ini juga memiliki defense yang sangat rapat, beberapa kali mereka jatuh bangun saat mampu mengembalikan bola sulit yang dilancarkan pasangan Korea.

 

Namun setelah terjatuh, Greysia/Meli tak kuasa menahan laju pasangan Korea ini. “Setelah jatuh, pasti ada perbedaan dari pola permainan Greysia, dari yang awalnya mengontrol permainan dan memimpin terus, namun setelah jatuh situasinya berubah,” kata Paulus

 

Sementara itu Ha/Kim mengaku tidak menyangka bahwa cedera yang dialami Greysia begitu parah hingga harus menyerah di gim ketiga.

 

“Awalnya kami sangat percaya diri bisa menang dari Greysia/Meli, namun sayang kami kalah di gim pertama. Pada gim kedua saat Greysia terjatuh, kami tidak menyangka bahwa cedera itu sangat serius sehingga harus retired,” kata Ha.

 

Dengan demikian, Indonesia kini berharap pada nomor tunggal putra, dimana Tommy Sugiarto akan melawan pemain asal Thailand, Tanongsak Saensamboonsuk.