(SEA Games 2011) Maria Fransisca Berharap Tim Bulutangkis Penuhi Target

 

SEA Games 2011 akan berlangsung pada 11-22 November mendatang. PBSI telah mempersiapkan diri jelang pesta olahraga se Asia Tenggara tersebut. Berikut petikan wawancara dengan Maria Fransisca, manajer tim bulutangkis Indonesia seputar persiapan tim.

 

Bagaimana persiapan tim bulutangkis Indonesia jelang SEA Games 2011?

Persiapan sudah dilakukan sejak lama, kami juga sudah mulai membentuk tim inti. Walaupun sudah ada beberapa nama, namun ini masih bisa berubah. Keputusan final akan diambil saat mendekati proses entry by name, tanggal 31 September 2011. Selain itu program latihan juga sudah dipersiapkan oleh pelatih, dimana program ini akan lebih intensif lagi saat mendekati event SEA Games.

 

Apakah target tim bulutangkis Indonesia pada SEA Games kali ini?

Dari total 7 medali emas yang diperebutkan, bulutangkis ditargetkan untuk meraih 4 medali emas. Mudah-mudahan target ini bisa kita penuhi. Saya lihat kali ini lawan memiliki kekuatan yang merata, hampir semua bagus. Tidak hanya Malaysia saja yang jadi lawan berat, kini Singapura pun memiliki pemain yang bagus-bagus. Jadi kami berusaha semaksimal mungkin untuk menurunkan full team dan memilih yang terbaik.

 

Bagaimana peluang tim dalam memenuhi target ini?

Peluangnya saya kira 50:50, target ini cukup realistis. Asalkan mau berusaha, tidak ada yang tidak mungkin. Saya harap anak-anak bisa bermain semaksimal mungkin, sehingga hasilnya pun bisa maksimal.

 

Sebagai cabang olahraga yang diandalkan untuk mendulang medali, apakah para atlet merasa terbebani?

Ini bukan pertama kalinya anak-anak bermain di event besar, mereka sudah cukup terbiasa dan target ini tidak membuat mereka terbebani. Tentunya kami akan memberikan support maksimal bagi mereka.

 

Menurut anda, nomor mana yang berpeluang meraih emas?

Karena Lee Chong Wei tidak turun pada turnamen ini, maka kami berharap kita bisa mencuri kemenangan di beregu putra dan tunggal putra. Selain itu di nomor perorangan kami juga mengandalkan sektor ganda putra dan ganda campuran. Namun bukan berarti nomor lain tidak ada peluang, menurut saya kans untuk juara tetap ada, apalagi kita bermain di kandang sendiri.

 

Para pelatih, pemain, manajer dan semua pihak terkait juga sudah berkomitmen untuk saling mendukung. Dengan banyaknya dukungan maka pemain akan lebih bersemangat di lapangan. Untuk saya pribadi, ini adalah pertama kalinya saya menjadi tim manajer untuk event yang cukup besar, mudah-mudahan berjalan dengan lancar.

 

Sebagai manajer tim, apa harapan anda pada SEA Games ini?

Saya harap target bisa terpenuhi, mudah-mudahan bisa mencuri kemenangan di nomor lain dan melebihi target.