Tanding Di Negeri Orang, Indonesia Tak Sepi Dukungan

 

[London, 13/8/2011] Bertanding jauh di Eropa ternyata tidak membuat pemain Indonesia sepi dukungan. Pada Kejuaraan Dunia yang berlangsung di Wembley Arena 8-14 Agustus 2011 ini, Indonesia juga banyak disemangati para penonton dari Eropa.

 

Seperti kita ketahui, jika bertanding di kandang sendiri Indonesia selalu mendapat dukungan penuh penonton Istora Senayan, namun kali ini tak sedikit pula penonton Wembley yang mendukung para pemain Indonesia yang sedang berlaga.

 

Mulai dari penampilan Taufik Hidayat di babak awal, dukungan pun terus berlanjut hingga babak semifinal hari ini. Pada pertandingan nomor ganda putra hari ini, pasangan Mohammad Ahsan/Bona Septano juga didukung penonton. Banyak diantara mereka yang berteriak “Ayo Indonesia!” atau “Semangat!”. Selain itu riuh tepuk tangan juga diberikan penonton untuk menyemangati pasangan Indonesia ini.

 

Salah satu dari pendukung tersebut adalah Ali Camp, penduduk Inggris yang ternyata telah mengikuti perkembangan bulutangkis Indonesia sejak lama.

 

“Saya sudah 15 tahun mengikuti perkembangan bulutangkis Indonesia dan saya sangat senang bisa mendukung pemain-pemain Indonesia di Wembley, meski disini penonton mayoritas banyak yang mendukung Inggris dan Denmark,” kata Ali.

 

Ali yang sedikit bisa berbahasa Indonesia ini juga sempat meneriakkan kalimat “Satu lagi” saat Ahsan/Bona tertinggal 16-17 dari pasangan Korea. Hal ini pun kontan menarik perhatian komentator yang akhirnya bertanya apa maksud dari kata “Satu lagi”, setelah diberitahu rekannya yang lain maka sang komentator pun mengerti.

 

“Selain karena menyukai bulutangkis, saya dulu pernah tinggal di Jakarta selama 5 tahun dan sangat mencintai Indonesia,” ujar Ali.

 

Ali berharap bulutangkis Indonesia bisa lebih maju lagi dengan pencapaian Ahsan/Bona dan Tontowi/Liliyana ke semifinal Kejuaraan Dunia 2011 kali ini. Pria yang mengidolakan Taufik Hidayat ini juga mengatakan bahwa semoga pencapaian ini dapat menjadi penyemangat bagi pemain Indonesia yang lain.

 

“Sayangnya idola saya Taufik Hidayat sudah kalah, jadi sekarang saya dukung pasangan Ahsan/Bona dan Tontowi/Liliyana Natsir. Meski Ahsan/Bona tadi pun kalah, namun saya yakin ganda campuran Indonesia pasti menang. Pokoknya tetap semangat Indonesia!” ujar Ali bersemangat.