London Rusuh, Kejuaraan Dunia Tetap Berlangsung

 

[London, 9/8/2011] Kerusuhan yang terjadi di London telah berlangsung selama beberapa hari belakangan. Diawali dari daerah Tottenham, kini kerusuhan pun meluas hingga ke Birmingham, Bristol, Manchaster dan berbagai daerah lainnya. Beberapa kegiatan yang akan berlangsung pun harus dibatalkan, salah satunya pertandingan sepakbola uji coba antara Inggris melawan Belanda yang bertempat di Wembley Stadium.

BWF (Badminton World Federation) dan Badminton England menghimbau kepada seluruh negara peserta dan penonton agar lebih berhati-hati. Menurut pernyataan resmi yang mereka keluarkan, Kejuaraan Dunia 2011 tetap akan dilangsungkan hingga selesai.

Pada turnamen ini, BWF didukung penuh oleh Wembley Arena dan Panitia Penyelenggara Olimpiade London 2012 (LOCOG), dimana mereka memiliki akses intelijen paling up to date dari Kepolisian Inggris. Berdasarkan informasi terakhir yang mereka dapatkan, belum ada kemungkinan kerusuhan menjalar hingga ke area Wembley.

Panitia penyelenggara Kejuaraan Dunia 2011 telah menambah pasukan keamanan di sekitar Wembley Arena. Selain itu daerah sekitar Wembley pun juga diamankan dan hingga saat ini pemerintah telah mengerahkan sekitar 16,000 polisi untuk meredakan kerusuhan dan mengamankan masyarakat.

Selain menambah pasukan pengaman, panitia juga menyediakan shuttle bus bagi pemain dan official team dari hotel menuju Wembley Arena. Sebelumnya, para atlet yang menginap di beberapa hotel sekitar Wembley area selalu berjalan kaki menuju hall pertandingan karena jaraknya cukup dekat. Perencanaan darurat telah disiapkan panitia jika keadaan memburuk, namun mereka yakin semua dapat dikendalikan dan turnamen dapat berlangsung dengan aman.

Sementara itu manajer tim Indonesia, Hadi Nasri saat dikonfirmasi mengenai hal ini mengatakan bahwa ia telah memberikan himbauan kepada tim untuk menjaga diri dan waspada.

“Saya sudah berpesan kepada anak-anak agar tidak keluar dari area Wembley karena dapat membahayakan mereka. Walaupun kerusuhan tidak melanda Wembley, tapi kabarnya kerusuhan sudah menjalar kemana-mana,” kata Hadi.

Sejak kerusuhan berawal beberapa hari lalu, Wembley terlihat tidak terkena imbas dari peristiwa tersebut. Bahkan hingga dikabarkan menjalar ke sejumlah penjuru London, area Wembley masih aman dan terkendali. Beberapa toko dan kantor masih beroperasi seperti biasanya.

“Semoga masalah keamanan ini tidak berpengaruh pada konsentrasi anak-anak saat bertanding, kita harus tetap fokus. Selain itu saya juga percaya pemerintah disini mampu menanggulangi kerusuhan secepatnya.” tambah Hadi.

Pemerintah Inggris diharapkan dapat menyelesaikan hal ini secepatnya, karena persoalan keamaan tentunya akan berpengaruh pada citra kota London yang akan menyelenggarakan event olahraga terakbar tahun depan yaitu Olimpiade.