Herry IP : Sports Science Sangat Dibutuhkan di Sektor Ganda

 

Hal diatas diungkapkan Herry yang merupakan pelatih ganda putra, pada acara Diskusi PBSI Bersama Media di pelatnas Cipayung.

 

Sports science adalah disiplin yang mempelajari aplikasi ilmu pengetahuan dan teknik dengan tujuan meningkatkan performa pada olahraga. Sport science menggabungkan beberapa aspek seperti psikologi, fisiologi, kontrol motorik, nutrisi, diet, analisa performa, dan sebagainya.

 

Di sektor ganda, speed dan power pukulan merupakan modal utama bagi pemain. Kedua hal inilah yang harus terus dilatih dan ditingkatkan pada saat latihan. “Membentuk pasangan ganda itu lebih sulit karena harus memadukan dua individu yang berbeda, sport science ini sangat membantu dalam proses pembentukan pasangan yang tangguh,” ujar Herry.

 

Herry mengambil contoh jika ingin mengukur kekuatan smash seorang pemain, maka kita harus mengukur kekuatan dan kebutuhan otot tangannya. Namun dengan kemajuan teknologi saat ini, ada sebuah alat yang mampu mendeteksi kekurangan pada otot seorang atlet.

 

“Jika hanya melihat dan menerka dari luar saja, dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menganalisanya,” kata Herry. Sport science selain membantu mempercepat proses analisa kebutuhan tubuh si atlet, juga mampu memberikan hasil yang lebih akurat.

 

Oleh karenanya ia berharap bahwa sport science ini dapat diaplikasikan pada latihan sehari-hari karena ini sangat membantu tim pelatih dan atlet dalam mencapai performa terbaik di lapangan.

 

Selain itu peran nutrisi pun tak kalah penting. Herry mengatakan bahwa atlet juga harus didukung dengan nutrisi dan gizi yang baik. Hal ini juga diiyakan oleh kepala pelatih ganda, Christian Hadinata. “Pengaruh gizi dan nutrisi pada atlet itu luar biasa sekali, sangat membantu untuk konsentrasi dan cara berpikir mereka,” kata Christian.

 

Mulai 1 Mei 2011 kemarin, dr. Laila Hamid kembali menangani nutrisi dan gizi atlet-atlet di pelatnas Cipayung. Program dimulai dengan melakukan analisa kondisi atlet saat ini dan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh mereka.