Kandaskan Jepang 3-2, Indonesia Bertemu Malaysia

 

Pada babak perempatfinal kejuaraan Asia Junior U19 2011, tim merah putih berhasil mengalahkan tim Jepang dengan skor 3-2. Tiga poin disumbangkan dari ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Dengan demikian Indonesia akan berhadapan dengan negara tetangga, Malaysia, pada sore ini 4 Juli 2011, pukul 16.00 waktu India.

 

Indonesia kehilangan dua poin dari tunggal putri Yulia Yosephine Susanto yang dikalahkan oleh Nozomi Okuhara dengan skor 18-21, 8-21. Okuhara yang kemarin cukup merepotkan Yu Sun, pemain asal Cina, kali ini juga bermain sangat gigih dengan penguasaan lapangan yang sangat baik. Okuhara menyamakan kedudukan 1-1, setelah sebelumnya rekannya dari ganda putra Takuto Inoue/Akira Koga dikalahkan oleh Praveen Jordan/Rangga Yave Rianto dengan skor 18-21, 13-21.

 

Jepang unggul ketika tunggal putra Kento Momota berhasil mengalahkan Panji Akbar Sudrajat dengan skor 21-10, 21-11. Pasangan ganda putri Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah mengamankan posisi Indonesia setelah mengalahkan Saori Hayakawa/Nozomi Okuhara dalam pertarungan menegangkan 15-21, 21-14, 21-18.

 

“Suci/Tiara sempat tegang di game pertama sehingga mereka banyak lakukan kesalahan sendiri dan terbawa irama permainan lawan,” kata Rudy Gunawan, pelatih ganda putri.

 

Untungnya Suci/Tiara berhasil menguasai keadaan dan mengontrol pertandingan, merekapun berhasil merebut game kedua dan ketiga sekaligus memaksakan dimainkannya game terakhir yaitu ganda campuran. “Pada keadaan kritis saat kalah di game pertama, kita motivasi mereka untuk bermain lepas dan keluar dari tekanan, itu yang paling utama,” ungkap Rudy.

 

Game terakhir menjadi milik Indonesia setelah Lukhi Apri Nugroho/Gloria Emanuelle Widjaja mengalahkan Dai Watanabe/Ayano Torii dalam dua game langsung 21-18, 21-16. Tiga poin yang disumbangkan dari pemain ganda ini memang sudah diantisipasi pelatih.

 

“Tim kita memang memiliki kekuatan lebih di sektor ganda, namun sangat mungkin nomor tunggal juga bangkit saat melawan Malaysia nanti,” tambah Rudy