Kandaskan Laybourn/Juhl, Tontowi/Liliyana ke Final

 

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kembali memuaskan ribuan penonton Istora dengan kemenangannya di semifinal Djarum Indonesia Open Superseries Premier 2011. Tontowi/Liliyana menundukkan pasangan Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl dalam dua game langsung 21-15, 21-14.

 

“Kami sangat senang dengan kemenangan ini, pertandingan tadi terasa lebih mudah jika dibandingkan dengan lawan kemarin karena kita sudah tahu tipe permainan Denmark,” kata Liliyana usai pertandingan. Sementara Laybourn yang ditemui usai pertandingan mengatakan bahwa Tontowi/Liliyana bermain sangat baik hari ini.

 

“Kami bermain cukup baik, namun kami menghadapi pasangan yang lebih baik lagi.

Liliyana bermain sedikit berbeda dibanding saat dengan Nova, dan Tontowi bermain sangat sangat bagus, dan itu menyulitkan kami,”

 

Pada game pertama Tontowi/Butet memimpin perolehan poin hingga 14-5. Tontowi terus menghujankan smash kerasnya ke pertahanan Laybourn/Juhl, sementara pasangan Denmark ini terlihat tegang dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Beberapa kali Laybourn gagal menyeberangkan bola di depan net.

 

“Tontowi begitu cepat dan bermain baik di depan net dan inilah yang membuat mereka sangat berbahaya,” ungkap Laybourn kepada media.

 

Game kedua sedikit menegangkan saat Tontowi/Liliyana ketinggalan jauh hingga 0-5. Namun Tontowi/Liliyana tetap bermain sabar dan berusaha mengejar ketinggalan mereka dan akhirnya menyamakan kedudukan 5-5. “Tadi ada perubahan pola permainan dari lawan dan kami belum bisa menyesuaikan,” kata Liliyana.

 

Laybourn/Juhl semakin terlihat frustasi saat Tontowi/Liliyana justru membalikkan keadaan dengan memimpin perolehan poin hingga 10-7. Beberapa kali Laybourn/Juhl menggelengkan kepala karena tidak tahu lagi harus berbuat apa. Sementara riuh penonton semakin ramai mendukung Tontowi/Liliyana.

 

“Kami awalnya bagus di game kedua, namun mereka bangkit. Kami terlalu banyak bermain di net sementara mereka bagus di net,” ujar Laybourn.

 

Dengan demikian, Tontowi/Liliyana yang kini berada di peringkat 2 dunia ini akan berhadapan dengan unggulan pertama Zhang Nan/Zhao Yunlei asal Cina.