Kalahkan Ahsan/Bona, Chai/Guo Pastikan All China Final

 

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Bona Septano belum berhasil menghadang Chai Biao/Guo Zhendong dari Cina, mereka kalah dalam pertarungan sengit tiga game 21-18, 11-21, 18-21. Dengan demikian Cina memastikan satu gelar dari ganda putra setelah sebelumnya pasangan Cai Yun/Fu Haifeng juga berhasil maju ke final dengan menundukkan Markis Kido/Hendra Setiawan.

 

“Kami sudah bermain maksimal, namun pertahanan kami tadi kurang bagus,” kata Ahsan.

 

Ahsan/Bona bermain sangat baik di game pertama dan memimpin perolehan skor 3-0. Chai/Guo terlihat tegang dan belum bisa menemukan permainan terbaik mereka. Beberapa kali terlihat Chai gagal menyeberangkan bola. Ahsan/Bona pun memanfaatkan kesempatan ini dengan melancarkan smash ke arah pertahanan Chai/Guo.

 

Sementara itu di game kedua, Chai/Guo mencoba bangkit dengan bermain cepat. Ahsan/Bona yang terlihat belum siap dengan perubahan ini beberapa kali tidak dapat mengembalikan bola dengan baik sehingga Chai/Guo yang sudah menunggu langsung menyambar bola tanggung tersebut. Hal ini terjadi beberapa kali hingga Chai/Guo terus memimpin perolehan angka hingga 11-6 dan akhirnya merebut game ini sekaligus memaksakan dimainkannya game ketiga.

 

“Sebenarnya Chai/Guo tidak sebagus Cai/Fu, namun mereka punya serangan yang bagus, pukulannya kuat” kata Bona.

 

Pada game terakhir, pasangan Cina ini semakin memanas. Chai/Guo terus membuat Ahsan/Bona mengangkat bola sehingga ini membuka kesempatan bagi mereka untuk menyerang. Sebenarnya perbedaan poin tidak terlalu jauh, sempat terjadi kejar-kejaran poin hingga 18-18. Namun beberapa kali Ahsan kurang mengangkat bola sehingga menyangkut di net, dan sayangnya ini membuat kepercayaan diri Chai/Guo makin meningkat, mereka mengunci perolehan poin pasangan Indonesia di angka 18 dan akhirnya berhasil merebut game ketiga ini.

 

Serve Ahsan sempat dinyatakan fault oleh serve judge dan Ahsan terlihat kesal akan keputusan ini. Namun ia mengakui bahwa ini tidak berpengaruh pada penampilan mereka. “Hal itu tidak berpengaruh, memang kita bermainnya tidak sebagus saat melawan Koo/Tan kemarin” kata Ahsan.