Dua Wakil Indonesia Tantang Unggulan Pertama

 

Di babak final Djarum Indonesia Open Superseries Premier 2011, Indonesia menempatkan dua wakilnya dari nomor ganda campuran dan ganda putri. Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melangkah ke final setelah mengandaskan Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl dari Denmark dalam dua game langsung 21-15, 21-15. Sementara pasangan Vita Marissa/Nadya Melati menundukkan pasangan Jepang, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa dengan skor 21-12, 21-12.

 

Di partai final esok, Tontowi/Liliyana akan menantang unggulan pertama asal Cina, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Pertemuan ini merupakan ulangan partai semifinal Singapore Open Superseries 2011 minggu lalu dimana Tontowi/Liliyana mampu menghentikan pasangan Cina ini dalam dua game langsung 23-21, 21-16.

 

Namun jika dilihat dari skor pertemuan terakhir, Zhang/Zhao masih mengungguli Tontowi/Liliyana. Pada Korea Open Superseries Premier 2011 bulan Januari lalu, Zhang/Zhao mengalahkan Tontowi/Liliyana dalam pertarungan sengit tiga game 21-18, 19-21, 22-20. Selain itu di Hongkong Superseries Tontowi/Liliyana juga harus mengakui keunggulan Zhang/Zhao dengan skor 21-10, 17-21, 17-21.

 

Jika melihat pola permainan kedua pasangan, secara teknik mereka tidak jauh berbeda, Zhao yang mahir bermain di depan net juga harus berhati-hati dengan Liliyana yang juga bagus di permainan depan. Sementara itu yang harus diwaspadai dari pasangan Cina adalah power mereka dan kestabilan permainan di lapangan.

 

Di nomor ganda putri, Vita/Nadya akan menghadapi ganda putri terkuat dunia, Wang Xiaoli/Yu Yang. Kedua pasangan tercatat belum pernah bertemu satu sama lain. Diatas kertas Wang/Yu lebih diunggulkan, mereka kini berada di peringkat 1 dunia, sementara Vita/Nadya di 18 dunia. Namun dengan penampilan Vita/Nadya yang kini sedang menanjak, bukan tidak mungkin mereka akan memberi perlawanan sengit atau bahkan membuat kejutan dengan mengalahkan Wang/Yu.

 

Partai final Djarum Indonesia Open akan berlangsung besok, 26 Juni 2011, pada pukul 13.30 wib di Istora Senayan.