Tontowi/Liliyana Susul Ahsan/Bona ke Perempatfinal

 

Ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menyusul jejak rekannya di ganda putra Mohammad Ahsan/Bona Septano ke perempat final Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2011. Tontowi/Butet mengalahkan pasangan Jepang, Shoji Sato/Shizuka Matsuo 21-8, 21-12, sementara Ahsan/Bona mengalahkan Lee Sheng Mu/Fang Chieh Min 21-19, 16-21, 21-12.

 

“Sebenarnya lawan juga tidak jelek, namun tadi permainan mereka tidak berkembang,” kata Liliyana usai pertandingan.

 

Tontowi/Liliyana memang sepertinya tidak mengalami kesulitan berarti menghadapi lawannya hari ini. Liliyana yang memang memiliki permainan depan yang baik, terlihat lebih sering memenangkan adu drive, sedangkan lawan seringkali gagal menyeberangkan bola. Game pertama Tontowi/Liliyana menang telak 21-8.

 

“Kuncinya tadi bisa jauh poinnya karena kita fokus, kalau lengah sedikit saja pasti bisa dikejar,” ungkap Liliyana.

 

Tak banyak berbeda di game kedua, Tontowi/Liliyana terus memimpin perolehan angka hingga 16-9. Mereka pun menutup game dan memenangkan pertandingan dalam waktu 23 menit. Pada kedudukan 17-9, Tontowi beberapa kali melakukan kesalahan sendiri seperti salah antisipasi bola ataupun tidak berhasil mengembalikan bola dengan baik. “Agak kendor tadi, mungkin karena dia mau coba pukulan atau mencari tahu arah angin. Tidak apa karena perbedaan poin cukup jauh,” kata Liliyana mengomentari penampilan pasangannya.

 

Tontowi/Liliyana baru saja menjadi juara di Singapore Open Superseries 2011 minggu lalu. Dan sebelumnya mereka juga menjadi juara di India Open Super Series dan Malaysia Open Grand Prix Gold 2011. “Memang pasti ada penurunan fisik dari Singapura kemarin, tapi kalau sudah di lapangan, bagaimana pun keadaan kita, sakit atau lelah, harus siap tempur,” kata Liliyana menanggapi kondisinya setelah Singapore Open.