Alvent/Hendra Gagal Kalahkan Cai/Fu

 

 

Setelah dikalahkan dengan skor 17-21, 13-21, pasangan ganda putra Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan harus puas berada di posisi runner up Singapore Open Superseries 2011. Pasangan Cai Yun/Fu Haifeng asal China akhirnya menjuarai turnamen berhadiah US$200,000 ini.

 

Alvent/Hendra sebetulnya sempat memimpin di game pertama 2-1, namun Cai/Fu mampu menyusul. Terus terjadi kejar-mengejar angka hingga 8-8. Pasangan China yang bermain cepat ini tak memberikan kesempatan pada Alvent/Hendra dan menyelesaikan game kedua dengan skor 21-17.

 

“Strategi yang saya terapkan sebenarnya sama dengan pertandingan kemarin yaitu tidak mengangkat bola, namun mereka sudah bisa membaca hal ini,” kata Hendra usai penyerahan hadiah. “Tadi kita kalah di kecepatan, mereka selalu siap menunggu setiap pengembalian kami,” tambahnya.

 

Pada game kedua, Alvent/Hendra tak dapat berbuat banyak. Cai/Fu terus menerapkan pola permainan cepatnya dan terus menekan Alvent/Hendra yang banyak melakukan kesalahan sendiri. Terlihat beberapa kali pengembalian Alvent/Hendra tak mampu menyeberangi net atau bahkan terlalu melebar. Alvent/Hendra juga banyak mengembalikan bola yang tanggung sehingga Cai/Fu yang sudah menunggu di bibir net langsung menyambar bola dan meraih poin.

 

“Dibandingkan lawan saya kemarin (Chai Biao/Guo Zhendong), permainan Cai/Fu jauh lebih rapi, mereka jarang membuat kesalahan,” ungkap Hendra.

 

Dengan demikian, Cai/Fu berhasil melengkapi kemenangan tim China setelah sebelumnya tunggal putri Wang Xin berhasil mengalahkan Tine Baun dari Denmark dalam dua game langsung 21-19, 21-17. Di nomor ganda putri, pasangan Qing Tian/Zhao Yunlei juga keluar sebagai juara setelah mengandaskan perlawanan pasangan Korea, Kim Min Jung/Ha Jung Eun dengan skor 21-13, 21-16.