Tontowi/Liliyana Menang Mudah

 

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lagi-lagi berhasil mengandaskan pasangan asal negeri tirai bambu, China. Setelah kemarin mengalahkan Qiu Zihan/Bao Yixin, kini giliran Xu Chen/Ma Jin. Tontowi/Liliyana memenangkan pertandingan dalam dua game langsung 21-14, 21-10.

 

Meski di awal game pertama Tontowi/Liliyana tertinggal 7-11, namun mereka berhasil mengejar dan justru akhirnya memimpin perolehan poin hingga 13-12, dan menahan laju pasangan China hingga 18-12. Pengembalian bola yang keluar membuat Tontowi/Liliyana memenangkan game pertama. “Kita menang strategi, semuanya bisa diterapkan,” ujar sang pelatih, Richard Mainaky yang ditemui usai pertandingan.

 

“Kita memang mengincar titik lemah pasangan ini yaitu Xu Chen yang tidak cocok dengan bola-bola cepat,” tambahnya. Namun Richard mengatakan bahwa dirinya juga tidak menyangka Tontowi/Butet akan menang semudah ini.

 

Tak seperti Tontowi/Butet, pasangan ganda campuran lainnya yaitu Muhammad Rijal/Debby Susanto harus mengakui keunggulan pasangan nomor satu dunia yaitu Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan skor 14-21, 18-21. Meskipun hari ini kalah, Richard mengatakan dari tiga pertemuan mereka inilah perlawanan paling baik yang diberikan Rijal/Debby. “Walau kalah, namun Rijal/Debby sudah ada kemajuan dibanding pertemuan sebelumnya,” kata Richard.

 

Sementara itu, satu lagi pasangan ganda campuran Indonesia yang akan bertanding siang ini yaitu Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet yang akan menantang pasangan Nathan Robertson/Jenny Wallwork dari Inggris. Ditanya mengenai peluang, Richard mengatakan peluang nya imbang. “Mereka belum pernah bertemu, jadi peluang masih 50-50,” kata Richard. “Namun saya tetap optimis Fran/Pia bisa mengatasi mereka,” tambahnya.