Simon ke Perempatfinal, Ahsan/Bona Tersingkir

 

Satu-satunya harapan Indonesia di nomor tunggal putra, Simon Santoso, berhasil melangkah ke perempatfinal turnamen Singapore Open Super Series 2011 setelah mengalahkan Sho Sasaki dari Jepang dengan skor 21-11, 21-12.

 

“Pada pertemuan sebelumnya permainan kami lebih ketat. Sebenarnya saya sudah bersiap untuk main dua game yang sengit, atau bahkan tiga game,” kata Simon usai pertandingan.

 

Tak seperti saat melawan Hayom di babak pertama, Sasaki terlihat tak berdaya ditangan Simon. Perolehan angka di game pertama diraih Simon tanpa kesulitan berarti. Smash menyilang Simon juga kerap tak dapat dikembalikan dengan baik oleh Sasaki. “Kuncinya saya tadi mencoba untuk sabar, jangan kepancing,” ujar Simon. “Sasaki itu pemain yang cepat dan serangan baliknya bagus, sehingga saya harus selalu siap,” tambahnya.

 

Simon yang terlihat bermain sangat tenang ini juga memimpin perolehan skor di game kedua. Ia melaju hingga 17-8 dan akhirnya menutup game dengan skor 21-12. “Sejak awal saya terus menekan dan mengontrol bola. Tadi saya berhasil mengatur ritme permainan, kapan harus mempercepat tempo dan kapan harus memperlambat,” kata Simon.

 

Dari sektor ganda putra, pasangan Mohammad Ahsan/Bona Septano dikalahkan oleh pasangan non unggulan asal China yaitu Wei Hong/Ye Shen dalam permainan sengit tiga game 20-22, 21-13, 18-21. Sementara itu pasangan ganda putra lainnya, Markis Kido/Hendra Setiawan malam ini akan berhadapan dengan pasangan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa asal Jepang.