Ganda Putra Gagal di Kualifikasi

 

Sejumlah pasangan ganda putra Indonesia yang harus berjuang dari babak kualifikasi turnamen Singapore Open Super Series 2011 belum berhasil menahan laju lawan-lawan mereka. Pasangan Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan kalah dari pasangan China, Wei Hong/Ye Shen dengan skor 10-21, 15-21.

 

Yuris yang sempat ditemui usai pertandingan mengatakan bahwa kekalahan dari pasangan China ini dikarenakan faktor kekuatan pukulan. “Tadi kami kurang bagus di power dan kalah adu drive,” ujar Yuris.

 

Yuris/Rendy memang tampaknya terbawa irama permainan lawan sehingga skor mereka tertinggal cukup jauh di game kedua, meski akhirnya bisa menyusul hingga poin 15-19.“Sebenarnya kita bisa dapat poin jika lawan menurunkan bola, namun mereka jarang sekali melakukan itu,” tambahnya.

 

“Sebagai bahan evaluasi mungkin kita akan tambah fitness untuk memperkuat pukulan, dan stamina” kata Yuris ketika ditanya apa hikmah yang bisa ia ambil dari kegagalan kali ini.

 

Selain Yuris/Rendy, pasangan Rian Agung Saputra/Angga Pratama juga menelan kekalahan atas pasangan Malaysia yaitu Wei Shem Goh/Khim Wah Lim 17-21, 18-21. Angga/Rian sebenarnya sempat tampil sangat baik di turnamen India Open Super Series 2011 lalu, mereka berhasil menembus babak final. Namun sayang kali ini Angga/Rian tidak tampil seperti biasanya, sama seperti Yuris/Rendy, mereka terbawa ke irama permainan lawan dan tak mampu menahan serangan demi serangan yang ditujukan pada pertahanan mereka.

 

Disamping itu, ketiga pasangan ganda putra lainnya juga belum bisa lolos kualifikasi. Pasangan Luluk Hadiyanto/Imam Sodikin Irawan dikalahkan oleh Min Chun Liao/Chun Wah Lim dari Chinese Taipei dengan skor 13-21, 19-21. Setelah mengalahkan Angga/Rian, pasangan Malaysia Goh/Lim juga mengandaskan Joko Riyadi/Ukikasah Yoga, juga dengan dua game langsung 21-13, 21-17. Sementara Nova Widianto/Yonathan Suryadama Dasuki menyerah dari pasangan Denmark Rasmus Bonde/Anders Kristiansen 13-21, 17-21.