Fran/Pia Kalahkan Unggulan Keenam Asal China

 

Pasangan Fran Kurniawan/Pia Zebadiah Bernadet berhasil mengalahkan pasangan Tao Jiaming/Qing Tian dari China di babak pertama Singapore Open Super Series 2011. Fran/Pia menghentikan perlawanan unggulan keenam ini dalam dua game langsung 21-18, 22-20.

 

“Kami tadi bermain sangat baik dan menikmati permainan,” kata Fran mengomentari kemenangannya. “Selain itu tidak ada beban juga, mau berhadapan dengan China atau negara manapun siap,” tambahnya.

 

Dengan demikian Fran/Pia dipastikan menyusul rekannya yang terlebih dulu lolos ke babak kedua yaitu Muhammad Rijal/Debby Susanto dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

 

Di akhir game kedua keadaan sempat menegangkan karena terjadi deuce. Fran/Pia yang terlihat tegang juga melakukan kesalahan yang tidak perlu. “Kita sempat lakukan kesalahan sendiri, namun sesudahnya kita langsung berani main bola-bola pendek sehingga dapat poin dan akhirnya menang,” kata pemain asal Palembang ini.

 

Ganda putri andalan Indonesia, Greysia Polii/Meiliana Jauhari juga akhirnya berhasil mengalahkan pasangan Shu Cheng/Bao Yixin dari China. Prediksi sang pelatih Paulus Firman yang sempat menginstruksikan untuk mewaspadai pasangan China ini ternyata benar. Di awal game pertama, Greys/Meli sempat tertinggal 0-5.

 

“Tadi adaptasi kita kurang cepat, makanya sempat tertinggal,” kata Greys usai pertandingan. Meskipun pasangan baru, Cheng/Yixin tampil sangat baik di turnamen sebelumnya yaitu Thailand Open Grand Prix Gold 2011 dengan berhasil mencapai partai puncak. Cheng/Yixin sempat membuat Greys/Meli kewalahan dengan bola-bola di depan net.

 

Di game kedua, Greys/Meli tidak menemukan kesulitan berarti, mereka memimpin perolehan skor hingga 12-7. “Di game kedua, kita sudah tahu harus bermain seperti apa dan bisa lebih sabar,” tambahnya. Pasangan Greys, Meli mengatakan bahwa mereka senang akan kemenangan ini, namun perjuangan masih panjang karena ini baru babak awal. “Kami senang bisa menang hari ini, namun harus tetap konsentrasi untuk babak kedua besok,” ujar Meli.

 

Sementara itu pemain tunggal putri Indonesia, Adriyanti Firdasari belum mampu menghadang unggulan kedua, Wang Yihan dari China dengan skor 17-21, 17-21. Dengan demikian Firda gagal maju ke babak kedua turnamen Singapore Open Super Series 2011 ini.

 

Skor pertemuan antara Firda-Yihan kini menjadi 1-1. Sebelumnya Firda pernah mengalahkan Yihan di turnamen Philippines Open 2007 dalam dua game langsung 21-14, 21-16. Namun kini memang Yihan yang berada di peringkat tiga dunia ini lebih diunggulkan dari Firda.