Vita/Nova ke Final

 

Setelah berjuang sekitar satu jam, akhirnya pasangan ganda campuran Indonesia yaitu Vita Marissa/Nova Widianto berhasil melangkah ke final Thailand Open Grand Prix Gold 2011. Vita/Nova mengalahkan pasangan Shin Baek Choel/Kim Min Jung dari negeri ginseng Korea dengan skor 21-17, 20-22, 21-18.

 

Nova mengatakan bahwa ia tak menyangka bisa menang, jika saja pasangan Korea unggul lebih dari tiga angka, ia yakin tidak akan bisa memenangkan pertandingan karena staminanya sangat terkuras. “Senang sekali bisa maju ke final, padahal stamina saya sudah habis tadi,” kata Nova usai pertandingan.

 

Perolehan angka selalu dipimpin oleh Vita/Nova. Tanpa susah payah mereka melaju hingga 13-9 dan akhirnya menungguli pasangan Korea di game pertama. “Kami sudah hafal tipe permainan Korea, mereka kasih bola-bola panjang dengan tempo yang cepat,” tambahnya.

 

“Meski defense mereka rapat, namun serangannya kurang maksimal. Pemain Korea memang andalannya adalah power dan stamina yang kuat,” jelas Nova.

 

Pada game kedua, Shin/Kim berhasil menyamakan kedudukan 17-17 dan memanfaatkan keadaan Vita/Nova yang mulai kehabisan nafas. Keadaan menjadi imbang 1-1 saat Shin/Kim merebut game kedua. Namun Vita/Nova yang jauh lebih berpengalaman ini memutar otak agar tetap bisa memenangkan pertandingan meski stamina sudah terkuras. “Karena saya dan Vita sudah berpengalaman, kita pintar-pintar saja cari akal selama di lapangan seperti memanfaatkan bola di depan net,” ujarnya. “Selain itu game ketiga kita bisa memanfaatkan angka kritis, padahal mereka sudah memimpin,” tambahnya.

 

Di final, Vita/Nova akan berhadapan dengan Lee Sheng Mu /Chien Yu Chin dari Chinese Taipei yang secara mengejutkan berhasil mengalahkan pasangan dari China yaitu Chen Xu/Ma Jin.