Tiara Rosalia: Saya Tak Takut Hadapi Pemain China

 

Pemain ganda putri Tiara Rosalia Nuraidah yang berpasangan dengan Gebby Ristiyani Imawan baru saja dikalahkan oleh pasangan China yaitu Shu Cheng/Bao Yixin di babak perempatfinal turnamen Thailand Grand Prix Gold 2011. Ia berkomentar mengenai pemain-pemain China yang terkenal superior di bulutangkis dunia. Berikut petikan wawancara dengan Tiara usai pertandingannya.

Menurut Tiara, bagaimana hasil pertandingan melawan China tadi?

Tiara : Tadi gregetnya kurang. Kalau dari segi teknik kita tidak kalah jauh, kalau kita bermain pada performa terbaik, seharusnya bisa mengimbangi dan mungkin menang.

Apakah sempat tegang akan melawan mereka?

Tiara : Tidak juga, karena saya sempat menang dua kali, tapi pasangannya beda. Saat itu Bao Yixin berpasangan dengan Lu Lu. Kali ini dia berpasangan dengan Cheng yang lebih senior.

Apa ada persiapan khusus saat akan melawan pemain China?

Tiara : Sekitar 70% latihan kita di Pelatnas memang sudah dipersiapkan menghadapi pemain-pemain China. Karena saat ini China menjadi negara nomor satu di bulutangkis. Jadi kalau persiapan sih sudah ada.

Menurut Tiara, apa yang membuat China begitu perkasa seperti sekarang?

Tiara : Semangat juang mereka yang luar biasa. Selain itu dari segi latihannya sepertinya juga lebih berkualitas. Postur tubuh mereka yang tinggi juga mendukung.

Siapakah pemain China idola Tiara?

Tiara : Saya mengidolakan Ma Jin karena permainan depannya bagus. Saya suka sekali melihat dia bermain netting.

Bagaimana perasaan Tiara kalau harus bertanding melawan Ma Jin?

Tiara : Kalau lawan pemain China lain sih tidak tegang, kalau Ma Jin nggak tahu ya…. ha ha ha ha. Saya ingin sekali bisa bertanding melawan dia. Suatu hari nanti mungkin.

Apakah suatu hari Tiara bisa berhasil seperti Ma Jin dan pemain China lainnya?

Tiara : Pasti bisa. Pokoknya maju dan semangat terus, latihan yang fokus dan berdoa. Kan tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini asal kita mau berusaha.

Setelah kekalahan dari pemain China tadi, poin apa yang menjadi bahan evaluasi Tiara?

Tiara : Kami harus lebih siap lagi untuk menghadapi pertandingan.

Sebagai penutup, apa harapan Tiara untuk ganda putri Indonesia?

Tiara : Kalau untuk saya dan Gebby bisa lebih baik dari sekarang, hasil di Thailand Grand Prix Gold 2011 ini cukup lumayan, kami bisa masuk delapan besar. Harapan saya untuk teman-teman di ganda putri lainnya semoga kita bisa lebih naik lagi prestasinya.