Kalahkan Unggulan Pertama, Vita/Nova ke Semifinal

 

Pasangan ganda campuran Indonesia Vita Marissa/Nova Widianto berhasil mengalahkan unggulan pertama Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam dengan skor 21-17, 21-14. Sudket/Saralee yang didukung ratusan supporter tuan rumah ini merupakan pasangan nomor satu Thailand, namun Nova/Vita mengandaskan harapan mereka ke semifinal.

 

Vita/Nova yang ditemui usai pertandingan mengatakan kemenangan ini merupakan bekal mereka di pertandingan selanjutnya. “Saya dan Nova baru menyesuaikan diri lagi dan kemenangan ini sangat membangkitkan rasa percaya diri kami,” kata Vita. “Semoga dari sini , saya dan Nova kedepannya lebih bagus lagi,” tambahnya.

 

Sejak game pertama, Vita/Nova memang unggul dalam perolehan angka. Mereka melaju hingga 16-14, namun pada kedudukan 17-15, pasangan Thailand berhasil mengejar hingga kedudukan seimbang 17-17. Sudket/Saralee banyak melakukan kesalahan sendiri pada poin-poin kritis sehingga Vita/Nova akhirnya merebut game pertama. “Sebenarnya Sudket/Saralee ini pasangan lama, saya sudah beberapa kali bertemu mereka. Jadi saya sudah tahu tipe permainan mereka seperti apa,” ujar Vita.

 

Keadaan tak banyak berbeda dengan game kedua, Vita/Nova unggul hingga 18-14 dan berhasil mengunci skor lawan hingga akhirnya menyelesaikan pertandingan sekaligus memastikan diri melaju ke semifinal.

 

“Sepertinya lawan juga tidak tampil dalam performa terbaiknya, mereka seperti kehabisan tenaga dan banyak mati sendiri,” jelas Nova. Sudket/Saralee memang sebelumnya mengalahkan pasangan Korea yaitu Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na dalam pertarungan sengit tiga game 21-16 ,19-21, 23-21.“Kita sudah mengetahui kelemahan dan kelebihan mereka. Selain itu, di permainan tadi kita lebih banyak menyerang,” tambah Nova menjelaskan kunci kemenangannya.

 

“Hari ini main lebih percaya diri, sementara lawan sudah terkuras staminanya saat melawan Korea kemarin sehingga kita manfaatkan keadaan ini,” jelas Vita yang sebelumnya berpasangan dengan Hendra Aprida Gunawan.

 

Di semifinal besok, Vita/Nova akan berhadapan dengan pasangan Kim Min Jung/Shin Baek Choel dari Korea. “Kita belum pernah bertemu mereka, jadi masih saling meraba kekuatan dan kelemahan masing-masing,” tambah Vita.