Thailand GP Gold 2011, Ajang Pembelajaran Pemain Muda

Turnamen Thailand Open Grand Prix Gold 2011 merupakan ajang mencari pengalaman bagi para pemain muda. Hal ini diungkapkan oleh manajer tim Aryono Miranat di sela-sela pertandingan babak kedua Kamis, 9 Juni 2011.

 

Aryono yang juga pelatih ganda putri ini mengatakan bahwa turnamen kelas Grand Prix Gold ini memang seharusnya menjadi ajang pembelajaran bagi anak-anak didiknya. Namun turnamen Thailand Grand Prix Gold kali ini dihadiri oleh para pemain top dunia seperti Saina Nehwal (India), Lee Yong Dae/Jung Jae Sung (Korea), Ma Jin/Xu Chen (China) dan lainnya. Para pemain kelas dunia ini memang sedang mengumpulkan poin jelang Olimpiade London 2012 tahun depan sehingga mereka yang biasanya terjun di kelas Super Series atau Super Series Premier juga ikut ambil bagian di turnamen ini.

 

“Meskipun ini kelas Grand Prix Gold, namun banyak pemain unggulan yang berpartisipasi karena mereka mau mengumpulkan poin untuk Olimpiade London 2012,” tambah Aryono.

 

Namun kehadiran pemain-pemain papan atas ini juga bermanfaat bagi pemain muda.

“Meski persaingan lebih ketat, namun sisi positifnya adalah pemain muda bisa punya sparring yang bagus. Jadi contohnya kalau mereka bertanding di turnamen ini, tentunya mereka akan banyak belajar dari lawan yang kelasnya diatas mereka,”

 

Meskipun demikian, Ia mengatakan bahwa kemungkinan mencuri poin dan menang itu tetap ada. “Kuncinya kalau ingin berhasil menghadapi lawan yang jauh lebih senior adalah bermain lepas, tanpa beban, fight terus jangan mau kalah dan konsentrasi penuh” tambahnya.