Langkah Tommy dan Febe Terhenti

 

Pemain tunggal putra dan putri Indonesia kali ini belum berhasil menghadapi para pemain China. Pada laga babak kedua turnamen Thailand Open Grand Prix Gold 2011 ini, Tommy Sugiarto dikalahkan oleh Chen Jin dalam permainan tiga game 21-13, 11-21, 14-21. Sementara Febe ditaklukkan oleh Li Xuerui 21-18, 8-21, 9-21.

 

Tommy awalnya sempat unggul pada perolehan poin di game pertama, sementara Chen Jin banyak melakukan kesalahan yang tidak perlu. Namun sayang kemenangan di game pertama tidak berlanjut di game selanjutnya, Chen Jin mulai menunjukkan permainan terbaiknya dan merebut game kedua dan ketiga.

 

Senada dengan Tommy, Febe pun awalnya unggul di game pertama. Lewat bola-bola sudut dan dropshot silangnya, Ia mampu mengungguli Li. Sayangnya pada game kedua seperti terjadi antiklimaks, Li berhasil mengimbangi pertarungan dengan merebut game kedua dengan skor telak 21-8. “Fisik saya terkuras di game pertama dan tidak bisa mengimbangi permainan lawan, sehingga dia (Li) lebih bisa mengontrol permainan di game selanjutnya,” kata Febe.

 

Sama halnya di game kedua, pada game ketiga Febe tak dapat berbuat banyak menghadapi Li yang bermain cepat. “Lawan bermain cepat dan banyak memberikan bola datar. Selain itu dia juga banyak mendorong bola ke belakang, sama seperti Anastasia, lawan saya kemarin,” ujarnya.

 

Diatas kertas Li memang lebih diunggulkan, Ia berada di peringkat 16 dunia sementara Febe pada posisi 33 dunia. Namun Febe banyak memetik pelajaran dari kekalahannya kali ini. “Saya akan berusaha evaluasi dan memperbaiki kelemahan-kelemahan saya, termasuk ketahanan fisik dan postur tubuh saya yang dinilai masih kurang,” ungkapnya.

 

Febe memang memiliki postur tubuh yang kecil, oleh karena itu tim pelatih menyarankannya untuk menaikkan berat badan sebanyak 6 kg lagi. Hal ini banyak berpengaruh pada teknik pengambilan bola-bola ke belakang.