Tunggal Putra Indonesia Kalahkan Pemain Malaysia

Pemain muda tunggal putra Indonesia, Evert Sukamta, berhasil memetik kemenangan dari pemain Malaysia Soon Huat Goh dengan permainan tiga game 21-19, 16-21, 21-19. Meski skor pertemuan terakhir Huat Goh unggul dari Evert, namun Evert tak gentar dan justru hal inilah yang membuatnya lebih bersemangat. “Dua tahun lalu saya kalah dari dia, dan ini membuat saya makin termotivasi untuk bisa menang,” tutur Evert. Diatas kertas, pemain Malaysia memang lebih unggul secara ranking, Huat Goh berada di ranking 117 dunia, sementara Evert di157 dunia.

Evert, pemain muda harapan Indonesia ini mengawali kemenangan di game pertama. Meski sempat tertinggal di perolehan poin, namun ia terlihat gigih dan terus berusaha mengejar. Dari tertinggal 7-9, ia berhasil menyamakan kedudukan 10-10 dan akhirnya justru memimpin 11-10. Evert yang terus melancarkan serangan terus mengejar ketinggalannya pada skor 18-19. Akhirnya Evert mengunci skor lawan dan memenangkan pertandingan 21-19.

Game kedua, lagi-lagi Huat Goh memimpin hingga 4-1, namun Evert tak menyerah dan kembali berhasil menyamakan kedudukan menjadi 7-7. Namun karena terburu-buru, Evert banyak melakukan kesalahan sendiri dan kalah 16-21. “Pada poin akhir saya terburu-buru ingin menyelesaikan pertandingan, sehingga banyak mati sendiri,” ujar Evert.

Pada game selanjutnya Evert terlihat lebih mengontrol bola dan mencoba memimpin perolehan poin. Satu smash dari lawan yang ternyata out yang membuat Evert terus melaju hingga 14-11. Huat Goh sudah mulai terlihat kehabisan tenaga dan hal ini dimanfaatkan oleh Evert hingga terjadi match point 20-17. Huat Goh masih memberikan perlawanan dan mengejar hingga 19-20, namun satu smash Evert ke arah kanannya tak mampu ia kembalikan hingga Evert pun memenangkan pertandingan. Kunci kemenangan Evert pada game terakhir adalah kesabaran. “Game ketiga saya bermain lebih sabar sehingga tidak banyak kesalahan dan bisa meraih poin terus,” tambahnya.

Sementara itu, Andre Kurniawan Tedjono saat ini sedang menghadapi pemain India yaitu Sourabh Verma. Pemain klub Djarum ini mempin perolehan poin 7-6 di game kedua.