Tine Baun Pastikan Denmark Melaju ke Final

Denmark memastikan diri melaju ke final Piala Sudirman 2011 dan akan berhadapan dengan China yang lebih dulu mengalahkan Korea siang tadi. Tunggal putri andalan Denmark, Tine Baun menjadi penentu kemenangan negaranya setelah mengalahkan Adriyanti Firdasari dengan skor 21-13, 21-13.

 

Diatas kertas Tine memang jauh lebih unggul dari Firda. Tine yang berada di peringkat delapan dunia ini tercatat sudah empat kali menang dan satu kali kalah dari Firda. Pertemuan terakhir mereka adalah di French Open Super Series 2009 dimana Firda berhasil menang dalam pertarungan tiga game 13-21, 21-13, 11-21.

 

Baik di game pertama maupun game kedua, Tine terlihat dominan dengan bermain agresif dan terus melancarkan smash menyilang yang cukup menyulitkan Firda. Tine pun menyelesaikan pertarungan ini dua game langsung dalam waktu 35 menit.

 

Dengan demikian Denmark berhasil menuju final. Ini adalah final kedua Denmark sepanjang sejarah Piala Sudirman. Tercatat terakhir tahun 1999 di Kopenhagen, Denmark harus menyerah 1-3 di tangan China. Apakah China akan mampu kembali mengalahkan Denmark? Ataukah Denmark justru berhasil mencetak sejarah untuk pertama kalinya menjuarai Piala Sudirman? Hal ini akan dijawab pada pertarungan final esok 29 Mei 2011 di Qingdao Sports Center Gymnasium.