Fran/Pia Pastikan Indonesia Maju Ke Semifinal Sudirman Cup Hadapi Denmark

Fran Kurniawan/Pia Zebadiah, pasangan ganda campuran peringkat 11 Dunia, memastikan Indonesia maju ke semifinal Kejuaraan Beregu Campuran Sudirman Cup, setelah mengandaskan perlawanan pasangan Jepang, Shintaro Ikeda/Reiko Shiota, peringkat 16 dunia. Pasangan Indonesia tersebut menang rubber set, 21–19, 23-25 dan 21-14. Pertarungan pada babak penentuan Indonesia – Jepang itu berlangsung ketat.Kedua pasangan saling melakukan serangan dengan pukulan-pukulan keras terarah.

Pada game kedua, pasangan Jepang sudah memimpin perolehan angka hingga 13 -9, namun kegigihan Fran/Pia membuahkan hasil hingga menyamakan kedudukan, dan terus saling kejar dari 14–14, hingga 23–23. Meskipun pada game kedua ini Fran/Pia harus mengakui keunggulan Ikeda/Shiota 23–25. Kedua pasangan terlihat kelelahan, beberapa kali mencoba beristirahat dengan mengganti shuttle cock. Bahkan Fran sempat mengajukan protes 3 kali.

Pada game ketiga, pasangan ganda campuran Jepang terlihat kelelahan, sehingga banyak melakukan kesalahan. Peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh pasangan Fran/Pia, sehingga menutup game ke-3 ini dengan angka 21-14. Pelatih ganda Indonesia, Richard Mainaky dan Heri IP terus menasehati Fran/Pia agar tetapsabar. “Sabar..sabar….ambil point satu-satu…kumpulkan…, ” pesan Richard dan Heri pada saat jeda game ke-3. Pertarungan menentukan ini berlangsung dalam waktu 82 menit.

Indonesia di Babak Semifinal dipastikan akan menghadapi Denmark yang mengalahkan China Taipei yang berlangsung Sabtu besok. Pada saat yang sama di partai semifinal lainnya, akan berhadapan China dengan Korea Selatan.