Indonesia Juara Group, Target Pertama Terpenuhi

Fran Kurniawan Teng/ Pia Zebadiah Bernadet menjadi penentu kemenangan tim merah putih di babak penyisihan grup 1B Piala Sudirman atas Malaysia setelah berhasil mengalahkan pasangan ganda campuran Chan Peng Soon/Liu Ying Goh dalam dua game langsung 21-18, 21-15. Kemenangan ini merupakan yang kelima kalinya bagi pasangan Indonesia dari enam kali pertemuannya dengan pasangan Malaysia tersebut.

 

Sebelumnya Malaysia lebih dulu unggul setelah ganda putra mereka yang menempati ranking 3 dunia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong berhasil mengalahkan Mohammad Ahsan/Alvent Yulianto. Kedudukan imbang saat Adriyanti Firdasari mamaksa Lydia Li Ya Cheah harus menyerah dengan skor telak 21-8, 21-12. Firda tampaknya memanfaatkan penampilan lawan yang tidak maksimal dan banyak melakukan kesalahan sendiri.

 

Keadaan semakin menegangkan saat tunggal utama Malaysia yang berada di ranking satu dunia, Lee Chong Wei berhasil menyumbangkan poin untuk negaranya dengan mengalahkan pemain muda Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka. Tertinggal 1-2, tak membuat Indonesia gentar, Greysia Polii/Meliana Jauhari membuktikan bahwa Indonesia masih bias. Mereka menahan laju perolehan poin Malaysia setelah membungkam pasangan Chin Eei Hui/Wong Pei Tty dengan skor 23-21 21-14.

 

Partai terakhir ditutup dengan manis oleh kemenangan Fran/Pia. Meski sempat bangkit di awal game kedua, namun pasangan Malaysia ini harus mengakui keunggulan Fran/Pia yang malam ini bermain taktis.