Indonesia Tekuk Rusia 4-1

Tim merah putih berhasil melewati rintangan pertama di babak penyisihan grup B Piala Sudirman 2011 dengan mengalahkan Rusia 4-1. Meski kecolongan poin pertama di ganda campuran, namun Indonesia tampil gemilang di keempat partai selanjutnya.

Fran Kurniawan/Pia Zebadiah Bernadet yang diturunkan di partai pertama dikalahkan oleh Vitalij Durkin/ Nina Vislova dengan skor 22-24 19-21. Fran yang ditemui seusai pertandingan mengatakan bahwa kekalahan mereka disebabkan pertahanan mereka yang kurang baik. “Pertahanan kami tidak seperti biasanya, dan lawan selalu unggul dalam perolehan poin,” ujar Fran.

Kedudukan berimbang setelah Simon Santoso berhasil mengalahkan Vladimir Ivanov dengan dua game langsung 21-14 21-9. Simon bermain sangat tenang dan percaya diri, serangan yang dilancarkannya pun sering kali menembus pertahanan Vladimir.

“Pada awalnya saya menyesuaikan keadaan lapangan dan angin, setelah itu baru saya dapat melancarkan serangan dan mengalahkan lawan,” ungkap pemain ranking 12 dunia ini.

Pasangan Mohammad Ahsan/Bona Septano turut menambah poin untuk keunggulan Indonesia. Mereka berhasil mengalahkan Durkin Vitalij/Alexandr Nikolaenko dalam waktu 24 menit, dengan skor 21-15 21-10. Kemenangan Indonesia ditentukan oleh Adriyanti Firdasari yang juga tampil dengan baik dengan mengalahkan Bibik Tatjana dalam dua game langsung 21-14 21-17.

Selanjutnya ganda putri Indonesia yaitu Greysia Polii/Meliana Jauhari melengkapi kemenangan Indonesia setelah berhasil menghadapi Valeria Sorokina/Nina Vislova dengan skor 21-3 21-18. Kemenangan atas Rusia diharapkan menjadi motivasi dan meningkatkan rasa percaya diri pemain sehingga mereka bisa tampil baik dalam menghadapi Malaysia pada Rabu (25/05/2011) mendatang.