SERBA-SERBI OLIMPIADE BEIJING 2008

Edit Persiapan ekstra keras tengah diberikan oleh PB PBSI beserta tim dari KONI Pusat kepada para 11 atlet bulutangkis Indonesia (Putra & Putri), yang akan berlaga di event tertinggi dalam kegiatan olahraga tingkat dunia, yaitu Olimpiade Beijing 2008.

Rencananya, tim bulutangkis Indonesia akan diberangkatkan ke Beijing pada 4 Agustus 2008 mendatang. Sesampainya di sana, mereka akan memulai serangkaian pertandingan yang akan berlangsung mulai 9 Agustus – 17 Agustus 2008.

Selain latihan fisik, kesebelas atlet bulutangkis ini akan dilatih juga secara mental untuk meningkatkan mental juara. KONI Pusat sendiri yang berada dibawah kordinasi Ibu Ade Pusparini akan menurunkan anggotanya, Yo Rumeser, seorang psikolog yang telah seringkali menangani atlet-atlet PBSI dimasa lalu.

Serangkaian tes kesehatan pun tidak luput bagi para olimpian (sebutan atlet yang berlaga di Olimpiade) seperti pemeriksaan urine, darah, rotgen, serta rekam jantung yang dilakukan oleh tim medis PRODIA. Karena faktor kesehatan merupakan salah satu syarat mutlak untuk mengikuti pertandingan. Tidak hanya itu, mereka -olimpian- bulutangkis Tanah Air juga mendapatkan kursus singkat mengenai etika table manner. Memang rupanya, perhelatan Olimpiade tidak bisa dianggap enteng.

Mereka yang benar-benar lolos kualifikasi PBSI diharapkan merupakan atlet-atlet yang dapat menjadi duta bangsa. Target maksimal yang ditetapkan oleh PBSI pun merupakan hal yang lumrah, mengingat tahun 2004 lalu Taufik Hidayat berhasil meraih medali emas di Yunani. Lalu, akankah tim bulutangkis dapat mempersembahkan hadiah medali emas dan mengibarkan merah putih bagi Republik Indonesia yang pada Agustus nanti akan merayakan hari kemerdekaannya?

Adapun 11 atlet yang telah lolos kualifikasi dan akan berangkat ke Beijing :

Tunggal Putra

1. Sony Dwi Kuncoro

2. Taufik Hidayat

Tunggal Putri

1. Maria Kristin

Ganda Putra

1. Markis Kido / Hendra Setiawan

2. Luluk Hadiyanto / Alvent Yulianto Chandra

Ganda Putri 1. Lilyana / Vita Marissa

Ganda Campuran

1. Nova Widianto / Lilyana

2. Flandy Limpele / Vita Marissa